Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Kita

Scaling Up Nutrition merupakan gerakan yang digunakan 57 negara di dunia yang dapat menghilangkan berbagai malnutrisi. Terdapat sebuah prinsip kalau orang layak dapat makanan yang baik serta gizi yang baik juga. Gerakan tersebut adalah gerakan gabungan dari pemerintah, lembaga masyarakat, pengusaha, United Nations, ilmuan, serta berbagai lapisan masyarakat.Tujuan utama dari gerakan Scaling Up Nutrition untuk memenuhi kebutuhan 1000 hari pertama kehidupan agar mengurangi angka malnutrisi. Karena dampak dari pada malnutrisi itu tidak hanya pada masa keanak-anakan saja, melainkan sampai sudah dewasa. Dampak dari malnutrisi dari anak sampai dewasa yaitu contohnya seperti stunting atau pendek. Bukan hanya berdampak pada fisik, kecerdasan juga dapat terpengaruh oleh malnutrisi.

Kenapa Mengurangi Angka Malnutrisi ini Penting?

Memperkecil angka malnutrisi dapat memberikan efek positif pada berbagai macam aspek. Anak yang dilahirkan dengan malnutrisi akan menjadi seorang ibu yang malnutrisi juga terus melahirkan seorang anak yang malnutrisi juga. Siklus terus terjadi seperti itu, maka dari itu kita perbaiki dari segi gizi serta kesehatan. Selain dari pada itu, anak yang malnutrisi kondisinya sangat lemah dan cenderung terkena penyakit dan bahkan bisa saja memiliki penyakit jantung, diabetes serta lain sebagainya sejenis kanker atau apalah. Bukan hanya kesehatan, ahli ekonomi juga bahkan memperhitungkan efek yang bakal terjadi apabila malnutrisi terhapuskan yaitu:

  • Dapat mengurangi kematian seorang anak dari sepertiga anak yang meninggal di pertahunya.
  • Dapat meningkatkan pendapatan mencapai 5-50%.
  • Anak dengan gizi yang baik, ada kemungkinan 33% lebih besar tidak akan mengalami kemiskinan jika dibandingkan sama anak bergizi buruk.

Banyak aspek penting yang ditargetkan Scaling Up Nutrition yaitu memberikan ASI eksklusif serta juga makanan pendamping ASI yang baik serta benar, fortifikasi makanan, suplemen seperti zat besi, vitamin serta mineral. Selain itu juga perawatan efektif bagi mereka yang memiliki gizi buruk.

Kenapa Harus Memperhatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak?

Selama 1000 hari pertama kehidupan, dalam genarakan scaling up nutrition ini sudah memenuhinya. Sebutan untuk 1000 hari pertama kehidupan anak juga dapat disebut Window Of Opportunity. Kenapa diharuskan 1000 hari? Karena pada 1000 hari pertama kehidupan ini merupakan tahan pertumbuhan bayi yang sangat luar biasa, bahkan orang menyebutnya masa emas pertumbuhannya. Dengan memenuhi gizi yang baik selama 1000 hari pertama kehidupan akan menjadikan anak lebih baik pertumbuhannya serta dapat belajar menjadi lebih baik.

1000 hari pertama kehidupan ini dapat kalian hitung  dari mulai saat konsepsi terus terbentuk embrio sampai anak tersebut berusia 2 tahun. Kecukupan gizi pada kehamilan serta tahun-tahun pertama kehidupan anak bisa membentuk fungsi otak serta juga memperkuat sistem imun.

Aktifitas Agar 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Maksimal

Di masa kehamilan

  • Mencegah gangguan pertumbuhan anak, penuhi kebutuhan gizi di masa hamil. Seperti saat kehamilan trimester awal perlu tambahan kalori  180 kkal, lemak 6 gram, protein 20 gram, serta karbohidrat 25 gram. Trimester 2 dan 3 butuh tambahan kalori 300 kkal, protein 20 gram, lemak 10 gr, serta karbohidrat 40 gram.
  • Konsumsi tablet tambah darah minimal 90 tablet di masa kehamilan. Karena penyakita anemia alias kurang darah akan berdampak buruk pada ibu hamil yang mana bisa mengakibatkan kelahiran bayi prematur serta komplikasi lain pada saat melahirkan.
  • Rutin priksa ke dokter kandungan atau bidan, supaya kalian tetap aman dan bisa langsung di tangani bila ada masalah pada kehamilan seorang ibu hamil.

Saat Bayi Lahir Hingga Berusia 6 Bulan

  • Ibu hamil ini sangat disarankan agar melahirkan ditangani oleh bidan atau dokter yang sudah terlatih yang sudah mengetahui prosedur kelahiran serta cara mengatasi komplikasi yang bisa menjadi kemungkinan.
  • Setelah lahir sangat disarankan agar lakukan inisiasi Menyusui Dini (IMD).
  • Apabila keadaan bisa memungkinkan, ibu dianjurkan memberi ASI saja (ASI eksklusif) sampai 6 bulan pertama.
  • Rutin cek tumbuh kembangnya bayi pada posyandu atau bisa juga rumah sakit.

Bayi di atas 6 Bulan Sampai 2 tahun

  • JIka umur bayi sudah lebih dari 6 bulan, selain kalian beri ASI, Bayi juga harus diberikan makanan tambahan seperti Makanan Pendamping ASI alias MPASI, Karena jika ASI saja tidak akan cukup untuk gizi anak.
  • Lengkapi juga dengan memberikan vaksin serta vitamin pada anak untuk melindungi dari berbagai macam penyakit.
Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Kita | rahman | 4.5