Cara Menghitung Tekanan Ban Mobil Yang Benar

Ban mobil adalah aspek yang sangat penting bahkan vital pada sebuah mobil itu sendiri. Maka dari itu kalian harus mengecek tekanan ban mobil tersebut dengan rutin agar tekanan angin ban mobil kalian tetap stabil dan tentunya nyaman saat di pakai.

Jika kalian orangnya teliti pasti kalian akan mengecek tekanan ban mobil demi keselamatan. Yang haru kalian tahu, setiap mobil memiliki tekanan angin ban yang berbeda beda, maka dari itu kalian juga harus mengetahuinya. Hal itu ada kaitanya dengan bobot mobil itu sendiri, nah sudah tentu saja jika mobil sedan dan mobil truk kosong memiliki tekanan ban mobil yang berbeda dong, karena tekanan angin pada ban mobil itu pasti selalu berbeda.

COntoh type SUV serta MVP. Berdasarkan kebiasaan, tekanan ban mobil penumpang kjelas menengah semacam MVP serta Mini-SUV itu bertekanan 30 sampai 32 Psi. Ukuran segitu sangat cocok dan dapat berkendara dengan baik tanpa guncang guncang. Sedangkan untuk mobil mobil kecil seperti sedan, hatcback, atau city car berkisaran 28 sampai 30 Psi.

Apabila kalian lihat penjalasan dari kami diatas, kenapa tekanan ban mobil nya berbeda? Nah jadi saat ditimbang jenis mobil itu tadi mempunyai curb weight alias berat kosong berbeda. Dapat kalian lihat pada bentuknya juga berbeda. Dan biasanya bukan hanya jenis mobil saja yang membuat beda tekanan, bahkan tiap merek mobil juga memiliki tekanan ban mobil yang beda, dan tentunya Ban yang digunakannya juga menjadi patokan.

Nah ini dia Tekanan Ban Mobil untuk setiap tipe mobil

  • Honda Civic (Ring17) 35 PSI, Honda Mobilio (Ring15) 30 PSI, Honda Brio (Ring14) 26 – 29 PSI
  • Suzuki Ertiga 29 – 35 PSI
  • Avanza/Xenia 30 – 32 PSI
  • Toyota Fortuner 30-33 PSI

PSI : Pounds per Square Inch (Kekuatan tekanan perinci persegi).

Ring : Dimensi ukuran velg perinci

Bukan hanya jenis, merk atau ban mobil yang dipakai, kalian juga harus memperhatikan tekanan ban mobil depan dan belakang, karena biasanya itu berbeda. Ban depan bisa saja lebih tinggi tekanan anginnya dari pada ban belakang atau bisa jadi sebaliknya. FWD (Front Wheel Drive) biasanya lebih berat kedepan, jadi biasnaya ban depan tekanan anginnya lebih tinggi.

Biasanya Mobil FWD yaitu Ertiga, Mobilio, dan Grand Livina lebih besar tekanan ban mobil depan lebih tinggi 2 Psi.

Cara Menjaga Tekanan Ban Mobil

Cek Beban Mobil

Pertama kalian harus mengetahui berapa bebad mobil yang kalian gunakan dan berapa tekanan yang pas idealnya. maka dari itu gak usah berpatokan pada tekanan normal, karena bobot mobil anda pasti akan bertambah apalagi kalian menambahkan jumlah penumpang. Jika kalian memiliki 7 penumpang, kalian harus menambahkan tekanan 2 sampai 3 Psi.

Tidak Boleh Membawa Beban Melebihi Kapasitas Tekanan Ban Mobil

Cara menghitung tekanan ban mobil kalian tidak boleh membawa beban memebihi kapasitastekanan ban mobil. Perhitungannya seperti ini, apabila kalian punya curb weight 150kg serta mobil tertera max weight 220kg, jadi kalian tidak bisa membawa beban tambahan hingga 70kg.

Pastikan Kondisi Ban Mobil Dalam Keadaan Dingin Saat Tambah Angin

Sebaiknya kalian mengisi ban mobil pada saat ban tersebut dalam keadaan sudah dingin alias tidak panas, karena jika ban mobil baru di berenti dari perjalanan biasanya ban panas, dan yang terjadi ukuran tekanan akan terganggu dan tidak akurat. Karena jika kalian mengisi pada saat ban masih kondisi panas, maka tekanan angin ban nya akan menurun.

Jika kalian menggunakan ban menggunakan gas nitrogen maka akan lebih stabil walaupun suhu ban tinggi. Akan tetapi jangan kalian coba mencampurnya dengan angin biasa, karena memiliki karakter tekanan yang berbeda-beda.

Perhatikan Niple Ban

Karena bentuknya kecil, Niple Ban ini sangat jarang sekali diperhatikan oleh para pengendara mobil. Padahal, dengan adanya niple ini dapat melindungi mobil dari pertikel luar yang bdapat merusak, serta dapat membuat angin keluar alias bocor. Apabila mobil kalian menggunakan nitrogen, kalian harus menutup niple berwarna hijau. Karena agar teknisi yang akan mengisi tekanan angin ban mobil kalian mengerti kalau ban tersebut menggunakan nitrogen, itu sudah menjadi aturan, jika niple dengan warna hijau itu pasti nitrogen.

Cara Menghitung Tekanan Ban Mobil Yang Benar | rahman | 4.5